Ide Bisnis Di Tahun 2023, Minim Modal bahkan Tanpa Modal!

Di Tahun 2023 ini, banyak sebenarnya ide ide bisnis yang bisa menghasilkan cuan. Bahkan penghasilannya sehari bisa mengalahkan pekerjaan kantoran. Tetapi tidak dipungkiri juga, bisnis juga bisa mengalami pasang surut, tergantung kondisi dan realita yang dihadapi saat terjung langsung. Namun jika permasalahan untuk membangun bisnis adalah mengenai modal, maka persepsi kamu adalah salah besar. Mengapa ? Kalau ditelisik lebih jauh lagi mengenai perencanaan membangun bisnis terkendala di modal, maka perencanaan kamu akan gagal seutuhnya. Karena untuk membangun bisnis yang tanpa modal itu sebenarnya ada banyak. Bahkan bisa dilakukan oleh seorang pemula sekalipun. 


ide-bisnis-di-2023
stock photo

Kalau kamu berpikir dalam mengembangka bisnis secara online tanpa modal adalah hal yang sulit, mungkin kamu harus merubah pemikiran itu. Saat ini banyak ide ide bisnis yang bisa menghasilkan tanpa modal sekalipun. Jadi, kamu bisa memilih, keinginan dan passion kamu seperti apa. Namun sebelum menjalankan bisnis tersebut, ada baiknya kamu meriset terlebih dahulu tema atau bisnis yang akan kamu kerjakan nantinya, agar kamu selalu bisa mendapatkan ide ide baru dan bagaimana mengelolanya.


Pilih Ide Untuk Membangun Bisnis Tanpa Modal


Berikut ini ada beberapa daftar bisnis online tanpa modal yang bisa admin rangkum. Kamu bisa mencoba nya :


1. Affiliasi Marketplace

Sekarang sudah banyak sekali pebisnis yang menjajakan produknya di setiap marketplace seperti Tokopedia, BukaLapak, Atau Shopee. Kamu bisa mendaftar di beberapa ecomerce tersebut dan melihat produk hot / top, atau best seller mereka, dan kamu bisa me-branding produk mereka dengan link / tautan khusus melalui kamu agar setiap penjualan yang diterima, kamu mendapatkan komisi dari pihak ecomerce tersebut. 


2. Membangun Blog atau Personal Website

Jika kamu banyak waktu luang, menulis dan menawarkan produk melalui website kamu juga suatu bisnis yang wajib dicoba. Disatu sisi, kamu lebih meluangkan waktu untuk meriset keinginan pasar, dan juga kamu lebih banyak waktu dalam mengelola produk yang akan kamu jual. Selain itu, kamu juga bisa menulis menulis artikel dan membuat web kamu sendiri agar didaftarkan ke google adsense.


3. Mengisi Survey Online Berbayar

Ide bisnis ini juga sangat menjanjikan. Tapi kamu harus waspada, karena tidak setiap survey yang dilakukan secara online mau membayar. Kamu juga harus bijak dalam memilih situs situs yang bisa membayar pengguna nya jika ada survey. Postingan saya sebelumnya juga terkait dengan mengisi survery, tetapi bukan survey. Melainkan mengerjakan misi captcha. Kamu bisa menemukannya di bawah ini.

Aplikasi Pencari Cuan!!! Kolotibablo.


4. Kursus Online

Beberapa hari yang lalu, admin pernah melihat sebuah FYP dari TikTok mengenai Kursus online. Didalam kursus tersebut, kamu bisa mengajarkan bahasa indonesia ke orang orang di luar negeri yang ingin belajar bahasa indonesia. Untuk update post mengenai kursus online ini, akan saya bahas di postingan selanjutnya.


5. Sewa Jasa

Sewa jasa yang dimaksud admin disini, seperti membuka usaha kencan secara online atau rent-a-date seperti yang ada di social media saat ini. Sewa jasa juga banyak peminatnya, namun yang saat ini lagi naik daun adalah, mencari talent untuk jasa kencan. Tarif nya pun sangat bervariasi tergantung situasi dan keadaan. Sewa jasa disini yang dimaksud, bukanlah untuk hal yang berbau kencan 1 malam, tetapi seperti jasa rental pasangan, atau rental pasangan untuk undangan teman nikah, ataupun hal lain. Namun tak jarang juga beberapa talent yang seharusnya menemai klien nya untuk berkencan, malah menjadikan ia pelabuhan hatinya (jodoh). Hal hal unik dan nyeleneh seperti ini, bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.


Tips Sukses Membangun Bisnis Tanpa Modal

Bisnis Online

Jika dilihat lagi, bisnis tanpa modal memang sesuatu hal yang simpel dan sangat bisa dijalankan. Namun dalam prakteknya, memang agak sulit dikarenakan banyaknya persaingan dan juga tidak boleh dianggap enteng. Sebab, bukan hanya kamu yang membangun bisnis, kamu juga harus berani kompetitif dengan rival rival kamu di dunia maya. Produk yang berkualitas dan juga harga yang bersaing, menjadi pokok utama yang harus jadi perhatian lebih sebelum kamu memahami arti membangun bisnis sebenarnya. Namanya juga membuat bisnis, tidak langsung jadi besar. Pasti akan ada masa dimana penghasilan awal kamu, tidak sesuai dengan yang diharapkan. Namun kamu tidak perlu kecewa, karena jika kamu terus berusaha dan mengikuti perkembangan yang ada dan tetap konsisten dalam membangun bisnis yang kamu ciptakan, pasti suatu saat akan berhasil. Waktu yang akan menjawab semuanya. 


Berikut ini admin akan memberikan beberapa tips agar bisnis kamu bisa survive :


1. Manfaatkan Media Sosial

Jika kamu membangun bisnis dengan platform digital, maka kamu harus sesering mungkin membuat konten yang berkualitas dengan cara melihat perkembangan dan keinginan pasar. Selain itu, konten ataupun bisnis yang kamu tawarkan, haruslah relevan dengan isi profil social media kamu, dan jangan terlalu membuat sesuatu yang "Bukan Bagian" dari produk yang kamu jual/kembangkan.


2. Membangun Koneksi

Membangun koneksi adalah hal mutlak dalam menjalankan bisnis. Ini bukan hanya membantu bisnis kamu berjalan, tetapi bisa juga membantu kamu dalam mencari produk dari tempat lain, atau membangun franchise di tempat lain, ataupun menemukan supplier yang cocok buat produk kamu. Kamu juga bisa mendapatkan hal lebih jika koneksi kamu luas, dan tak luput juga kamu harus rajin rajin sharing di forum forum mengenai sistem bisnis orang lain jika kamu ingin survive dan berkembang.


3. Gunakan Foto Kualitas Terbaik

Jika kamu membangun bisnis dengan menjualkan produk, maka buatlah sebuah photo yang terbaik dan relevan untuk menggambarkan produk kamu adalah autentik (asli). Konsumen akan menilai sebuah produk itu bagus dari photo produk yang diambil.


4. Konsisten dan Jangan Menyerah

Kunci sebuah kesuksesan adalah konsistensi dalam menjalankan bisnis. Kamu akan banyak menghadapi kegagalan sebelum menemukan kesuksesan. Maka dari itu, Disiplin dan terus berinovasi adalah kunci dari membangun bisnis agar semakin sukses kedepan nya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url