Bermodalkan Gadget, Peluang Bisnis Ini Bisa Hasilkan Cuan Tanpa Modal. Ada yang bisa sampai Puluhan Dollar!

Mencari ide untuk bisa menghasilkan penghasilan tambahan memang sedikit sulit. Apalagi mencari ide untuk menjalankan sebuah bisnis yang menjanjikan, tapi tidak mempunyai modal. Jika anda memiliki pengalaman dan juga mempunyai koneksi, "Modal" bukanlah menjadi sebuah hal yang sulit. Namun disini saya tidak membahas mengenai modal, tetapi saya akan membahas bagaimana bisa menghasilkan cuan melalui gadget tanpa modal! Ya, Tanpa modal sedikitpun.


jual-photo-online
ShutterStock

Jika anda hobi dengan photo photo ataupun food photography, maka anda akan tertarik untuk menjalankan ide bisnis ini di tahun 2023. Peluang yang menjanjikan dan sangat bisa menghasilkan cuan. Berikut ini ada beberapa situs yang bisa kamu coba untuk bisa menghasilkan cuan secara online.


Tempat Jual Photo Online Terbaik


Jika profesi kamu adalah pekerja lepas atau sekarang sedang tidak bekerja dan hanya bermodalkan Gadget saja, maka kamu bisa menjalankan profesi ini. Keuntungannya, anda tidak bekerja secara full time seperti pekerjaan pada umumnya, namun kamu bisa mengatur sendiri bagaimana kerja kamu dan apa target yang akan kamu pilih nantinya.


Di artikel ini juga, akan saya bahas bagaimana menjalani profesi ini dan bagaimana cara menjual photonya secara online dan tepat sasaran :


  1. Tentukan ide atau tema yang akan kamu pilih. 
  2. Platform atau situs tempat jual photo yang akan kamu daftar.
  3. Target Audiens
  4. Lindungi Hak Cipta Kamu

Cara Jual Photo Online


Nah setelah memilah poin poin untuk bisa menjalankan profesi ini, sekarang akan saya bahas bagaimana caranya bisa menjualnya. Jika kamu tertarik untuk menjalankan cuan sampingan bisa menghasilkan dollar, kamu bisa mengikuti langkah langkah selanjutnya :


1. Tentukan Tema Foto Kamu


Sebuah foto yang menarik, adalah foto yang bisa memikat audiens. Baik dari segi pencahayaan, ataupun hal hal mendukung seperti untuk keperluan lain di dalam bisnis yang meliriknya. Langkah awal untuk memulai bisnis sampingan ini adalah dengan cara menemukan keinginan dan kemauan kamu dalam memulai pekerjaan ini.

Jika kamu belum bisa menentukan apa topik atau tema yang mendukung keputusan kamu, cobalah melakukan riset. Seperti googling atau scrolling ke social media, ataupun forum forum di facebook mengenai ide photography. itu bisa membantu kamu dalam menemukan passion (keinginan) kamu dalam menjalankannya. 


Jika kamu ada waktu lebih untuk menganalisa keinginan audiens atau keinginan pasar pencarian di google, kamu bisa melakukan pencarian kata kunci di google atau mengikuti tren yang ada. Namun jika kamu sudah menentukan sesuai gaya yang kamu inginkan dalam menjalankan bisnis ini, maka konsistenlah terhadap apa yang akan kamu kerjakan.


Berikut ini ada beberapa ide yang bisa kamu gunakan dalam berjualan photo secara online :


  1. Foto Makanan / Minuman
  2. Lansekap (Pemandangan)
  3. Struktur / Bangunan
  4. Objek
  5. Foto Orang
  6. Bisnis

Foto Makanan : Gambar bertema makanan, sampai saat ini masih sangat laris dalam penjualannya. terbukti dari beberapa bisnis yang masih memerlukan photo makanan didalam menu mereka maupun untuk branding bisnis.


Foto Lansekap : Jika memilih tema ini, kamu harus lebih sering keluar dan memphoto pemandangan alam yang harus benar benar eye catching. Tema seperti ini lebih sering digunakan oleh tour atau pariwisata.


Struktur / Bangunan : Biasanya banyak diambil oleh para travelloger sebagai thumbnail mereka di Youtube. 


Objek : Buku, atau alat alat untuk dipasang ke sebuah produk yang dijual.


Foto Orang : Biasanya photo seperti ini dijadikan billboard atau bisa sebagai model untuk photo manipulation. 


Bisnis : Para kontraktor atau para pebisnis biasanya perlu membranding produk mereka dengan cara marketing melalui online. Seperti flyer atau gambar untuk promosi website mereka.


2. Pilih Platform eComerce Untuk Jual Karya Kamu


Sebenarnya banyak platform dan cara menjual photo secara online, dan tidak sedikit juga platform platform online yang bisa menawarkan lebih tentang menjual karya digital. Kamu bisa menawarkannya lewat marketplace, bisa mengikuti agensi, lewat platform penjualan photo digital, membuat website sendiri untuk dijual ke orang lain (portofolio) ataupun bisa menjual lewat forum forum online. 


Secara umum, kategori platform yang menjualkan photo secara digital ada 2. Stock dan Non Stock. Bedanya dengan Non-Stock adalah, kalau photo stock, setiap platform mempunyai regulasi dan aturan main. Apa itu ? Seperti resolusi photo, lisensi, bagi hasil dan tema photo itu sendiri. Lain halnya jika non stock, kamu bisa bebas mengontrol hasil karya kamu sendiri dan harus mengikuti pedoman di komunitas tertentu.


Simpelnya seperti ini:


Stock : Jika berjualan photo secara digital, maka kamu akan mendapatkan bayaran setelah sebulan setelah pembayaran (dikreditkan secara otomatis di akun kamu).

Non Stock : Pembayaran dilakukan setelah photo berhasil dijual.


 Untuk situsnya, kamu bisa mendaftarkan nya di sini :


Situs eComerce


Shutterstock (shutterstock.com)

Deviantart (Deviantart.com)

iStockphoto.com

Adobe Stock (stock.adobe.com)

Dreamstime (dreamstime.com)

Alamy (Alamy.com)

500px (500px.com)

FreeDigitalPhotos.net


3. Target Audiens


Jika kamu aktif dalam bersosial media, kamu bisa memanfaatkannya dalam mencari target audiens agar lebih tepat sasaran. Seperti ke forum forum reddit, instagram, facebook, Tumblr, Pinterest, dan juga LinkedIn. Ya, LinkedIn. Portal situs pencari kerja ini juga bisa menjadi lahan bisnis jika kamu bisa memilih dan memilah untuk mencari target audiens dengan menggunakan Hashtag. Kamu juga bisa menggunakan facebook dan instagram untuk memaerkan hasil karyamu dan mendirect (mengarahkan) ke situs penjualan kamu sebagai awalnya jika photo kamu digunakan untuk branding produk atau untuk bisnis ke pembeli. 

Jika kamu dead block / buntu dengan ide apa yang harus kamu buat dalam menciptkan karya, kamu bisa mencoba google trend untuk melihat volume tren yang sedang terjadi. 


Buat akun ke beberapa situs seperti VSCO atau Flickr agar karya kamu lebih gampang di cari oleh konsumen yang sedang mencari beberapa photo untuk branding mereka. 


Jika sudah mendapatkan target audiens, saatnya mengolah photo kamu dengan beberapa aplikasi edit photo agar lebih ciamik dan realistis. Seperti aplikasi Snapseed, Adobe Photoshop, Dll.


4. Lindungi Karya Kamu


Untuk berjaga jaga (just in case), kamu perlu memberikan watermark (tanda air) pada setiap photo yang kamu publish. Agar tidak di ambil oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Cara ini sangat berhasil untuk meminimalkan resiko gambar diambil oleh orang lain tanpa membeli dengan lisensi.


Kesimpulan

Jika kamu ingin berfokus dalam berjualan photo secara online, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilah / breakdown hal hal yang harus kamu prioritaskan. Seperti memilih tema untuk memfokuskan target audiens, selanjutnya anda tinggal meningkatkan kualitas konten kamu dengan cara mengolah photo dan memilih photo terbaik untuk kamu upload ke ecomerce tadi.


Jangan berfokus pada 1 website, namun sering sering surfing ke berbagai forum agar karya kamu dikenal oleh audiens dan minta saran / kritik mereka mengenai karya kamu agar semakin bagus kedepannya. Postingan selanjutnya akan membahas lebih mengenai bagaimana cara menjual photo secara online menggunakan SEO google dan tips / trik mendapatkan target.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url